Friday 20 February 2015

Cara Mengetahui Batu Bacan Asli atau Palsu




cara mengetahui batu bacan asli atau palsu




 

Image result for BATU BACAN
Add caption


Saat ini batu bacan sedang jadi primadona bagi para kolektor, sehingga permintaannya di pasaran melonjak drastis dengan harga yang juga naik tajam. Namun seiring boomingnya batu bacan di pasaran, muncul juga tiruan dari batu alam itu yang banyak didatangkan dari negeri China. Bacan tiruan tentu saja bukan berasal dari proses alami, walau dalam sekilas lihat penampakannya tak jauh berbeda.
Untuk orang awam, mungkin membedakan bacan asli dan palsu agak sulit. Sehingga mereka kerap tertipu dan mengeluarkan banyak uang untuk batu bacan yang ternyata adalah buatan atau sintetis.
Dilansir oleh laman akiks.com, berikut ini beberapa tips atau cara untuk membedakan batu bacan yang alami diperoleh dari alam, dengan batu bacan palsu atau tiruan.
  1. Batu bacan yang asli umumnya mempunyai tingkat kepadatan dan kekerasan yang tinggi, dibanding dengan batu bacan palsu. Anda bisa menggores batu tersebut di permukaan kaca, dan permukaan kaca itu akan tergores. Bacan itu memiliki tingkat kekerasan di atas 7 skala mohs.
  2. Kaca pembesar bisa juga membantu Anda melihat bagian dalam batu. Gunakan juga senter dan kaca pembesar untuk melihat adanya serat di dalam batu, yang menandakan itu batu asli alam. Jika bacan sintetis, maka bagian dalamnya bersih tanpa serat atau noda.
  3. Cara terakhir adalah dengan memanaskan bacan di atas api. Jika asli, maka batu tak akan meninggalkan noda atau kusam. Batu akan terlihat sedikit mengeluarkan minyak, namun jika dibersihkan akan kembali mulus.
http://sidomi.com/349343/cara-kenali-batu-bacan-asli-atau-palsu-agar-tak-tertipu/

No comments:

Post a Comment

Kasih Komentarnya Kawan :)