Thursday, 16 April 2015

Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Minim Pemesan

Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Minim Pemesan - Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Masih minim pemesan, Hal ini berbeda jauh dengan Tiket Kereta Api yang berada di pulau Jawa Yang mana Tiket Kereta Api Di sana Sudah Ludes terjual untuk Hari Lebaran. namun manajemen PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I menyiapkan strategi untuk antisipasi lonjakan penumpang menjelang hari besar keagamaan tersebut.
Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Minim Pemesan

Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Minim Pemesan

"Sejak penjualan dibuka 8 April 2015, Tiket Kereta Api ekonomi belum ada yang memesan, sedangkan untuk eksekutif masih 10 kursi dari total kapasitas tempat duduk tersedia yang sebanyak 6.500 kursi," kata Manager Corporate Communication PT KAI Divre I Sumut, Rapino Situmorang, di Medan, Kamis (16/4/15).

Ia memang mengakuinya bahwa penggunaan Kereta Api di Sumatera utara memang tidak sebanyak penggunaan Kereta Api di jawa, namun sekarang ini di sumatera utara sudah mengalami peningkatan pengguna Kereta Api.

"Mengacu pada tren peningkatan pengguna kereta api bahkan hingga penuh pada saat mudik dan arus balik Lebaran, manajemen bersiap-siap mengantisipasi dan menangani lonjakan penumpang itu,"katanya.
Salah satu strategi adalah dengan menambah gerbong kereta api penumpang dari biasanya yang dioperasikan sebanyak 41 gerbong. Penambahan gerbong, kata dia, akan disesuaikan dengan kondisi jumlah penumpang. Adapun isi per gerbong untuk kelas eksekutif sebanyak 50 kursi, bisnis 64 dan ekonomi 106 tempat duduk.

"Manajemen berharap agar masyarakat sudah memesan tiket keberangkatan dan kepulangan Lebaran agar tidak repot dengan kehabisan tiket dan termasuk harus membayar tarif dengan batas atas,"katanya.
Harga Tiket Kereta Api kelas ekonomi di Sumut sendiri diakui Rapino sudah naik sejak April. Secara persentase, katanya, diakui, kenaikan tarif kereta api itu terkesan tinggi, namun secara besaran relatif rendah.

Tarif kereta api Putri Deli (Medan-Tanjung Balai) misalnya naik sebesar Rp10.000 atau dari Rp20.000 menjadi Rp30.000 per tiket. Kemudian tarif Siantar Ekspres Jurusan Medan-Siantar naik Rp5.000 dari Rp20.000 menjadi Rp25.000. Adapun untuk rute Medan-Binjai naik dari Rp8.000 menjadi Rp10.000 dan Medan-Pakam dari Rp10.000 ke Rp13.000.

Kenaikan BBM lah yang menyebabkan kenaikan Harga Tiket Kereta Api Ekonomi, Hal itu tida bisa di hindari untuk tidak menaikkan Harga Tiket Kereta Api. karena Kenaikkan BBM mengacu pada beberapa faktor seperti adanya fluktuasi kenaikan harga BBM dan termasuk perubahan pedoman perhitungan tarif yang sebelumnya menggunakan peraturan menteri (PM) No 28 tahun 2012 menjadi mengacu pada PM No 69 tahun 2014.

Sumber: nasional.rimanews.com

Penjualan Tiket Kereta Api di Sumatera Utara Minim Pemesan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hendrat tri

0 comments:

Post a Comment

Di Mohon Apa yang Telah Saya Posting Linknya di Share
TERIMA KASIH